Mengenal Daun Sirih Merah

Siapa yang bisa meragukan khasiat tanaman sirih? Dalam tradisi pengobatan Indonesia, daun sirih sudah lama dikenal sebagai penyembuh. Maka itu jangan heran jika sampai sekarang ia masih digunakan oleh masyarakat luas. Di Indonesia sendiri, mudah sekali menemukan sirih tumbuh subur. Jika didasarkan pada popularitas, boleh jadi sirih hijaulah yang paling banyak ditanam. Meski demikian, bukan hal mustahil bagi Anda menemukan daun sirih merah pun hitam. Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai si merah ini. Adapun sirih hitam bisa dibaca di sini.

Apa Itu Sirih Merah?

Jika dikaji dari klasifikasi ilmiahnya, tanaman sirih merah berkerabat dekat dengan sirih hijau atau Piper betle. Keduanya berasal dari genus yang sama yakni piper. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak klasifikasi daun sirih merah dalam sistem taksonomi berikut ini:
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Piperales
  • Famili: Piperaceae
  • Genus: Piper
  • Spesies: P. ornatum

Sirih merah atau Piper Ornatum berkerabat dekat dengan sirih hijau juga hitam. Sirih merah ini memang tak sepopuler sirih hijau namun tidak juga selangka sirih hitam. Lumayan banyak yang membudidayakannya meski hanya sebatas di pekarangan rumah. Sama seperti jenis daun sirih lainnya, si Piper Ornatum ini juga kaya akan khasiat. Mengapa? Tentu karena kandungan senyawa penting yang ada di dalamnya sama seperti saudaranya: sirih hijau dan hitam.

Manfaat Sirih Merah

Sirih merah atau Piper Ornatum (kadang juga disebut Piper Crocatum, tapi istilah ini kurang tepat. Yang benar adalah Piper Ornatum) ini banyak ditemukan di tanah Sulawesi. Konon ia memang berasal dari sana. Khasiat daun tanaman yang satu ini bermacam-macam, mulai dari penangkal diabetes mellitus, hepatitis, batu ginjal, stroke, radang mata, radang prostat, keputihan, kelelahan, maag, memperhalus kulit, kekelalah hingga menurunkan kolesterol. Khasiat ini bukan isapan jempol semata. Nenek moyang kita menurunkannya dari generasi yang satu ke generasi selanjutnya karena khasiatnya yang nyata.

Bagaimana penggunaannya? Masing-masing penyakit tentu membutuhkan formula yang berbeda. Sebagai contoh, berikut kami sajikan cara mengolah daun sirih merah yang hendak dijadikan obat diabetes mellitus:

Pertama abmillah daun sirih merah setengah tua sebanyak 7 lembar. Tambahkan juga dua helai daun yang diambil dari pucuknya. Cuci bersih daun sirih tersebut kemudian potong kecil-kecil. Selanjutnya, rebuslah bersama dengan air bersih sebanyak 3 gelas. Tunggu sampai air surut menjadi 1.5 gelas saja. Angkat dan dinginkan. Bagi tigalah air rebusan tadi dan minum masing-masing pada pagi, siang dan malam hari.

Cara mengolah daun sirih merah ini mudah sekali bukan? Silahkan coba di rumah.