Ragam Manfaat Daun Sirih

Daun sirih sudah lama dikenal dalam dunia pengobatan tradisional Indonesia. Nenek moyang kita , meski dengan pengetahuan terbatas, sudah paham betul manfaat daun sirih. Melalui pengalaman yang diturunkan dari generasi yang satu ke generasi selanjutnya, daun sirih tetap dipercaya sebagai penyembuh bagi keluarga meskipun gempuran obat modern menawarkan berbagai kepraktisan.

Nah, tahukah Anda, selama ini sirih identik sebagai pembersih organ kewanitaan. Padahal manfaatnya lebih dari itu. Berikut kami rangkum ragam khasiat sirih juga cara pengolahannya untuk Anda.

Batuk

Untuk mengobati penyakit ini, ambillah lembaran segar daun sirih sebanyak 15. Siapkan juga 3 gelas air bersih. Pertama, cuci bersih helaian daun sirih kemudian rebus sampai airnya tersisa tiga perempat bagian saja. Minumlah rebusan tersebut secara rutin sampai batuk hilang. Tambahkan madu supaya lebih enak.

Bronkitis

Penyakit ini bisa disembuhkan dengan daun sirih. Caranya dengan merebus 7 lembar daun sirih segar. Tambahkan ke dalamnya sepotong gula batu juga 2 gelas air. Tunggulah sampai air rebusan susut menjadi 1 gelas saja. Bagilah air rebusan tadi menjadi 3 bagian. Minum ramuan ini secara rutin masing-masing di pagi, siang dan malam hari sampai penyakit Anda hilang.

Bau Badan

Salah satu manfaat daun sirih yang banyak diketahui masyarakat adalah untuk menghilangkan bau badan. Caranya yakni dengan mengambil 5 lembar daun sirih segar. Kemudian rebuslah bersama dengan dua gelas air bersih. Tunggu sampai air susut menjadi 1 gelas saja. Minum ramuan tersebut di siang hari. Lakukan rutin.

Mimisan

Apabila Anda mengalami mimisan, segeralah ambil daun sirih segar. Pilih daun yang masih muda. Memarkan sedikit dan gulung hingga muat untuk Anda gunakan menyumbat hidung yang mimisan.

Luka Bakar

Manfaat lain daun sirih adalah meringankan luka bakar. Caranya mudah, hanya dengan mengambil daun sirih secukupnya. Cuci bersih dan kemudian tumbuk. Ambil air daun sirih tadi dan campurkan dengan madu. Balurkan ke luka bakar Anda sampai sembuh.

Mengobati Bisul

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati bisul. Caranya dengan mengambil daun sirih secukupnya saja. Bersihkan dan tumbuk halus. Balurkan pada bisul. ganti dua kali dalam sehari sampai bisul Anda hilang.

Mata Gatal/Merah

Ambillah 6 lembar daun sirih yang masih muda. Rebus bersama dengan segelas air bersih. Tunggu sampai mendidih. Angkat dan dinginkan. Gunakan untuk mencuci mata Anda secara rutin, tiga kali dalam sehari.

Kulit Koreng/Gatal-gatal

Caranya, ambil daun sairih sebanyak 20 lembar. Rebus bersama dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan tunggu sampai air menjadi hangat suam-suam kuku. Gunakan air hangat tersebut untuk membasuh koreng Anda.

Menghentikan Gusi Yang Berdarah

Caranya dengan merebus daun sirih sebanyak 4 lembar bersama dengan 2 gelas air. Selanjutnya, gunakan air trsebut untuk berkumur.

Sariawan

Untuk mengobati penyakit ini, ambillah 2 lembar daun sirih segar. Cuci bersih dan langsung kunyah beberapa saat. Buang ampasnya setelah selesai.

Melenyapkan Bau Mulut

Ambil 4 leembar daun sirih. Cuci bersih dan kemudian remas-emas. Seduhlah bersama dengan air panas dan pakailah berkumur. Lakukan rutin.

Mengusir Jerawat Bandel

Manfaat daun sirih yang satu ini sudah dikenal banyak orang. Caranya dengan mengambil 10 lembar daun sirih. Cucilah bersih kemudian tumbuk halus. Seduhlah dengan air panas sebanyak 2 gelas. Selanjutnya, air campuran tadi balurkan ke muka Anda. lakukan rutin minimal 2 kali dalam sehari.

Keputihan

Untuk mengatasi masalah ini, ambil 10 lembar daun sirih. Kemudian cuci dan rebus dalam air bersih sebanyak 2,5 liter. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Gunakan air rebusan tadi untuk membersihkan vagina Anda.

Mengurangi ASI

Salah satu manfaat daun sirih yang jarang diketahui orang adalah khasiatnya mengurangi jumlah ASI. Caranya ambillah daun sirih secukupnya dan olesi dengan minyak kelapa. Hangatkanlah dengan memakai api sampai daun menjadi layu. Daun tersebut kemudian ditempelkan pada payudara dalam keadaan hangat.